Rabu, 05 September 2012

Paket Internet


Paket internet adalah sebuah layanan yang disediakan oleh operator telekomunikasi atau data dimana konsumen diharuskan untuk membayar sejumlah nominal rupiah sebagai biaya pemakaian internet (data). Bagi pengguna telepon seluler, bila tidak menggunakan paket internet, maka setiap kali melakukan koneksi data (internet), biayanya diambil dari*pulsa telepon.
Ada dua macam paket internet, yaitu :
1.      Paket Prabayar
Untuk yang Pra Bayar, ada dua cara penghitungan tarif koneksi yaitu :
a.  Volume Based 
Volume Based adalah cara penghitungan tarif  koneksi berdasarkan jumlah volume pemakaian data selama koneksi internet berlangsung. Hitungannya biasanya dikenakan per kilobytes (Kb) penggunaan.
Bisanya dihitung dengan satuan byte. Misal paket internet B bersifat volume based, 10/kB. Setelah anda memakai 200kB. Berarti anda harus membayar 2000. Pemakaian volume based dianjurkan untuk penggunaan non download dan tidak terlalu banyak browsing. Penggunaan untuk mengunduh email atau chatting sangat disarankan menggunakan volume based.
b. Times Based
Time Based adalah cara penghitungan tarif koneksi berdasarkan lamanya waktu pemakaian selama koneksi internet berlangsung. Hitungannya biasanya dikenakan per menit penggunaan.
Misal paket internet A bersifat time based untuk 1 menit seharga 10 berarti dalam 1 jam 600 tanpa memikirkan anda menggunakan seberapa banyak dan untuk apa, karena pemakaian dihitung berdasarkan lamanya anda memakai koneksi internet. Penggunaan time based cocok buat anda yang suka browsing  dan download. Tidak disarankan jika pemakaian hanya untuk sekedar chating.
Secara default pada saat awal aktivasi biasanya tarif koneksi yang dikenakan adalah Volume Based. Pada beberapa operator jenis ini akan berlaku saat melakukan joneksi internet dengan menggunakan ponsel. Sebaliknya saat melakukan koneksi internet dengan menggunakan PC (ponsel dapat digunakan sebagai modem), tarif koneksi Time Based baru dapat diberlakukan.
Jika yang menjadi variabel pertimbangan utama adalah volume data maksimal yang dapat digunakan, maka pilihan koneksi Internet dengan time based akan menjadi pilihan yang lebih baik. Namun jika keperluan koneksi Internet anda tidak semata hanya untuk keperluan download, dan lebih banyak sebagai perpanjangan variasi dalam berkomunikasi, perhitungannya akan berbeda. Ini dikarenakan untuk kebutuhkan selain download data, volume data tidaklah sebesar ini. Seperti katakanlah saat menggunakan Instant Messaging lengkap dengan voice chat dan webcam yang tidak lebih hanya sekitar 15 MB per jam(tergantung dengan kualitas audio/video dan client IM itu sendiri). Ataupun saat bermain online game MMORPG yang mengkonsumsi sekitar 10 MB per jam. Menggunakan asumsi tersebut, maka untuk katakanlah volume based 1 GB, memberikan durasi ber-IM sekitar 66 Jam, ataur 100 jam Online game per bulannya.
Namun secara keseluruhan, Time based memberikan keseluruhan yang lebih banyak dibandingkan volume based. Apalagi jika penggunaannya optimal. Seperti men-download e-mail dan kemudian membacanya secara offline, demikian juga saat browsing. Ataupun multi tasking dengan melakukan browsing, IM, dan proses download yang berlangsung secara bersamaan masih memungkinkan selama spesifikasi komputer dan koneksi Internet (bandwidth dari koneksi Internet) masih memungkinkan untuk melakukan pekerjaan multi tasking tersebut.

2.      Paket Pascabayar

Untuk yang Pasca Bayar, ada dua paket yang biasanya ditawarkan oleh para operator yaitu :

a.         Paket Limited
          Paket limited biasanya menggunakan batasan tertentu, bisa dengan volume maksimum atau waktu maksimum yang diperbolehkan untuk sejumlah biaya yang telah ditentukan.

b.         Paket Unlimited
          Unlimited tentu saja seperti arti katanya akses tak terbatas untuk sejumlah biaya yang telah ditentukan sebelumnya. Sering kali orang beranggapan bahwa paket unlimited biasanya non quota. Anggapan salah ini akan berasa ketika quota yang dimilikinya telah habis. Yang perlu diperhatikan adalah paket internet unlimited bukanlah non quota karena ketika dalam batasan quota tertentu telah habis, maka anda tidak dikenakan charge biaya namun speed internet anda akan menurun. Namun pada non quota dapat dipastikan bahwa unlimited.

Biasanya untuk akses internet dengan menggunakan ponsel, jumlah volume dan waktu yang digunakan bisa dilihat pada “LOG” item Durasi dan Jumlah Pemakaian Data Internet. Sedangkan untuk akses internet dengan menggunakan modem dapat dilihat pada statistik yang disertakan pada aplikasi bawaan modem tersebut.
Cara mendaftar dan menggunakan paket internet secara garis besar sebagai berikut:
  1. Bagi pengguna prabayar: isi pulsa terlebih dahulu sesuai dengan besarnya paket internet yang ingin digunakan. Bila ingin menggunakan paket internet dengan biaya Rp.50.000, maka pastikan pulsa yang tersimpan harus lebih besar dari 50 ribu, setidaknya ada sebesar Rp. 60.000. Hal ini untuk mengantisipasi biaya pajak
  2. Setelah pulsa terisi, lakukan pendaftaran paket internet. Pada umumnya pendaftaran bisa dilakukan sendiri, misalnya dengan mengirimkan SMS dengan format tertentu, dengan menekan kode tertentu (*xxx#), atau dengan cara mengunjungi gerai operator seluler. Untuk informasi cara pendaftaran paket internet lebih detailnya beserta paket-paket yang ditawarkan, silahkan menghubungi layanan konsumen operator telepon yang digunakan atau kunjungi website resminya. Saya sengaja tidak menulis caranya di website ini karena cara pendaftaran paket internet bisa berubah sewaktu-waktu.
  3. Jika paket internet berhasil diaktivasi, maka pulsa sebesar Rp.50.000 (+ pajak) akan langsung diambil (hilang).
  4. Pastikan settingan internet yang digunakan sudah sesuai (cara setting internet handphone dan modem)
  5. Setelah paket internet aktif, setiap kali Anda mendownload aplikasi, browsing internet, streaming video, dll, pulsa yang tersisa tidak akan terpotong selama kuota paket internet masih ada.
Perbedaan kecepatan internet unlimited dan volume based

Jika sebelumnya, paket volume based serng dibandingkan dengan time based, saat ini nampaknya time based tidak begitu populer sehingga perbandingannya justru diterapkan pada paket unlimited. Secara riil, memang saat ini paket internet unlimited sering dijadikan pilihan disamping paket volume based. Adapun perbedaan antara keduanya terletak pada beberapa hal yakni:
1.      Harga
Umumnya, harga paket unlimited lebih terjangkau karena merupakan harga pasti dalam setiap periode waktu. Artinya jika kita ingin memanfaatkan koneksi internet sebulan penuh, kita harus menyisihkan jumlah tertentu sebagai biaya tetap paket tersebut, yang rata-rata untuk saat ini sekitar 50 Ribu Rupiah untuk paket dasar. Paket volume based akan berbanding lurus dengan penggunaan kita, yang jika diakumulasi selama satu bulan penuh, dan jika frekuensi pemakaiannya sama dengan paket unlimited, hasilnya akan sangat jauh lebih mahal. 

2.      Kuota
Kuota paket internet unlimited biasanya sangat terbatas, dan akan habis pada penggunaan yang intensif. Jika kuota habis, hal ini akan menyebabkan penurunan kecepatan pada koneksi internet kita. Sementara itu pada paket volume based, kuota tidak dibatasi, selama pulsa kita memadai. Kuota akan selalu ada, tak terbatas selama pulsa kita dapat dipotong untuk pembelian, yang umumnya dihitung per kilobyte.

3.      Kecepatan
Kecepatan koneksi internet pada paket unlimited akan menurun jika kuota telah terlampaui. Penurunan ini akan sangat terasa karena drastis ke titik terendah, yang kadang bisa hingga 15 kali lipat penurunannya. Untuk paket volume based, kecepatan akan stabil dan tidak ada penurunan selama pulsa kita mencukupi karena paket ini menerapkan prinsip pembayaran pada kuota, bukan pada kecepatan. 



Tidak ada komentar:

Posting Komentar